Contoh Laporan Prakerin Multimedia 2018


TEKNIK PEMBUATAN BANNER RUMAH MAKAN
 DI PERCETAKAN CERUTU II

Laporan Praktek Kerja Lapangan

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Kompetensi Keahlian Multimedia Menyelesaikan Program Praktek Kerja Lapangan 2017/2018






Oleh :

ALDESTA FITRIANI 
1161700029



KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGRI 1 SUKALARANG
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
2018

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
TEKIK PEMBUATAN BANNER RUMAH MAKAN
DI PERCETAKAN CERUTU II

Oleh :

ALDESTA FITRIANI AA
1161700029

Menyetujui Pembimbing


Dede.M.Kom
NUPTK. 984 275 4656200042

Mengetahui,


  Ketua Kompetensi                                                    Ketua Praktek Kerja Lapangan
Keahlian Multimedia


Mira Kusmiranti, S.T                                               Endrawati, S.Pd.Ing, M.M
NIP. 197911122009022002                                       NIP.197703052009022001


Kepala SMK Negri 1 Sukalarang


Ade Rusliana, S.Pd,M.Pd
Pembina
NIP.196602131988121001


LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI

CV CERUTU PRODUCTION II

Laporan ini disampaikan untuk memenuhi persyaratan penyelesaian
Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 1 SUKALARANG
Tahun Pelajaran 2017 - 2018

Disahkan di     : Sukabumi
Pada Tanggal  :  04 Januari


Disusun oleh :


ALDESTA FITRIANI AA
 1161700029


Disahkan dan disetujui oleh :



Pimpinan DU/DI

Pembimbing DU/DI



DINDIN SARIPUDIN




BILLY JONATHAN CLIF


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Karena dengan ridho dan karunia-Nya laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dapat terselesaikan, sebagai bukti telah berakhirnya Praktek Kerja Lapangan (PKL) di CV.CERUTU PRODUCTION. Laporan ini juga menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional tahun ajaran 2017/2018 di SMKN 1 SUKALARANG.  Berkat dorongan dan bantuan dari berbagai pihak, maka hambatan dan kesulitan yang penulis hadapi dapat teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Kedua orang tua tercinta yang telah memberikan izin serta memberikan dukungan moral dan spiritual.
2.       Bapak Ade Rusliana,S.Pd,M.Pd selaku Kepala SMKN 1 SUKALARANG.
3.       Ibu Endrawati, S.Pd.Ing, M.M selaku Ketua Praktik Kerja Lapangan.
4.      Ibu Mira Kusmiranti ,S.T selaku Kaprog MULTIMEDIA..
5.      Bapak Dede M.Kom selaku guru pembimbing Praktek Kerja Lapangan.
6.       Staff/ karyawan/guru dilingkungan SMKN 1 SUKALARANG.
7.      Bapak Dindin Saripudin selaku Owner CV CERUTU PRODUCTION.
8. Abang Billy Jonathan Clif selaku pembimbing lapangan.                                                  
9. Rekan-rekan siswa kelas XI MULTIMEDIA.

                  Serta semua pihak yang terlalu banyak untuk disebut satu persatu sehingga terwujudnya penulisan ini. Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.


                                                                                                Sukabumi, April 2018
                                                                                                Penyusun
                                                                                                Aldesta Fitriani

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………... i
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH ……………………………………... ii
LEMBAR PENGESAHAN INDUSTRI ……………………………………... iii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI ………………………………………………………………….... v
DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………….. vi
BAB I : PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Tujuan Praktek Kerja Lapangan .……………………………1
1.2  Tujuan Pembuatan Laporan ………………………………………………… 2
1.3  Metode ……………………………………………………………………… 2
1.4  Waktu dan Tempat ………………………………………………………….. 3
BAB II : KEADAAN UMUM
2.1 Identitas Perusahaan ………………………………………………………... 4
2.2 Sejarah Perusahaan …………………………………………………………. 5
2.2 Ruang Lingkup Usaha ……………………………………………………... .6
2.3 Struktur Organisasi ………………………………………………………… .9
BAB III : PEMBAHASAN
3.1 Sejarah Coreldraw ......................................................................................... 10
3.1.1 Pendiri Coreldraw ................................................................................ 10
3.1.2 Fungsi-Fungsi Toolbox pada Coreldraw ............................................. 12
3.2 Persiapan Awal Dalam Pembuatan Banner …....…………………………... 19
3.3 Desain Banner …………………………………………………………....... 19
3.4 Cara Mencetak Banner …………………………………………………….. 22
3.5 Tahap Akhir Pembuatan Banner (Finishing) …………………………….... 23
BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………….….. 33
4.2 Saran ………………………………………………………………………. 34

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 logo Cerutu Production II ……………………………….....……. 6
Gambar 2.3 Struktur Organisasi ……………………………………...………. 9
Gambar 3.1.1 corel draw versi x7 …………………………………………… 11
Gambar 3.1.2 pick tool ……………………………………………………..... 12
Gambar 3.1.2 shape tool …………………………………………………….. 12
Gambar 3.1.2 crop tool ……………………………………………………… 12
Gambar 3.1.2 zoom tool ……………………………………………………... 13
Gambar 3.1.2
freehand tool ………………………………………………..... 13
Gambar 3.1.2 smart fill tool ………………………………………….…….... 14
Gambar 3.1.2 rectangle tool …………………………………………............14
Gambar 3.1.2 ellipse tool ……………………………………………………. 14
Gambar 3.1.2 polygon tool …………………………………………………... 14
Gambar 3.1.2 basic shape tool ………………………………………………. 15
Gambar 3.1.2 text tool ……………………………………………………….. 15
Gambar 3.1.2 table tool ……….…………………………………….............. 15
Gambar 3.1.2 straight-line connector tool …………………………………... 16
Gambar 3.1.2 blend tool ……………………………………………………... 16
Gambar 3.1.2 color eyedropper tool ……………………………………….... 17
Gambar 3.1.2 interactive fill tool ……………………………………………. 17
Gambar 3.1.2 outline tool ………………………………………………….... 18
Gambar 3.1.2 fill tool ………………………………………………...….…... 18
Gambar 3.2 Banner Rumah Makan ……………………………………….…. 22
Gambar 3.4 Pemotongan (cutting) …………………………………………... 23
Gambar 3.4 Proses melipat banner dengan baik dan benar ……………….... 24
Gambar 3.4 Proses lem pada banner ………………………………………... 23

  BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan ilmu teknologi sangat pesat sekarang ini, membuat kita untuk lebih membuka diri dalam menerima perubahan-perubahan yang terjadi akibat kemajuan dan perkembangan tersebut. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi tersebut banyak bidang usaha yang ikut juga memajukan usahanya ke dalam teknologi komputer. Dengan adanya penggunaan komputer dalam bidang usaha diharapkan dapat membantu para pengusaha untuk memprediksi keadaan atau kebutuhan masa depan sehingga para pengusaha dapat memajukan usahanya. Dengan adanya kepentingan tersebut maka diperlukan informasi yang berkualitas dan tepat waktu. Teringat pada hal itu, banyak para pengusaha yang melakukan promosi dengan cara memasang banner/ x-banner di sepanjang jalan raya. Selain untuk pengusaha banner juga sering dipakai untuk penyampaian informasi politik seperti saat sedang pemilihan presiden dan bupati/walikota. Dengan itu, penyusun mengambil judul : ” TEKNIK PEMBUATAN BANNER RUMAH MAKAN DI PERCETAKAN CERUTU II ”.
Banner adalah salah satu media promosi yang dicetak dengan mesin Digital Printing Outdoor yang umumnya berbentuk vertikal atau horizontal. Banner adalah bentuk penyederhanaan dari Baliho. Banner sering kita jumpai di toko kaset, sebuah event produk, bank, mall, dan toko-toko lainnya dari jualan makanan sampai salon hampir semua mempunyai Banner. Banyak orang menggunakan banner karena banner mudah dipindah-pindahkan posisinya, mudah digulung, awet, dan praktis.
Jenis banner yakni ada banner stading (x-banner) dan banner roll up (roll alumunium). Jenis bahan yang digunakan pun ada beragam diantaranya flexi korea, flexi cina, flexi jerman, dan abadros. Ukuran umum yang sering dipakai yaitu : 1). 120 x 60 cm 2). 160 x 60 cm 3). 40 x 25 cm .



1.2  Tujuan Pembuatan Laporan
1.      Untuk memperluas pengetahuan peserta didik tentang dunia industri.
2.      Untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama sekolah di lapangan kerja yang sesungguhnya.
3.      Melatih peserta didik agar terampil dalam menyusun, menguraikan, dan menyimpulkan pengalaman kerja yang didapat di industri ke dalam bentuk laporan.
4.      Agar peserta didik dapat mengenal dan mengetahui keadaan dunia industri yang sesungguhnya.
5.      Melatih peserta didik untuk menyusun laporan yang baik dan benar.
6.      Memberi bukti tertulis kepada pihak sekolah dan industri tentang semua kegiatan yang dilakukan selama di industri.

1.3    Metode
1.    Metode Penyusunan
     Mengargumentasikan dan memaparkan permasalahan secara terperinci sesuai dengan data dan fakta yang ada Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan metode deskriptif.
2.    Teknik Penyusun Observasi
     Yaitu melaksanakan secara langsung di perusahaan melalui teori yang kemudian diterapkan dalam bentuk kegiatan atau Praktek Kerja Lapangan (PKL).
3.    Interview
     Yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan tanya jawab secara langsung, hal ini dilakukan untuk memperoleh suatu informasi yang tepat dan jelas yang dibutuhkan di dalam penyusunan laporan.
4.    Study Literatur
     Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dan cara mencari serta membaca buku-buku diperpustakaan yang ada kaitannya dengan pembahasan masalah.
1.4  Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
Tempat Prakerin  : CV. CERUTU PRODUCTION II
Hari                       : Senin – Sabtu
Waktu                   : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Lama Prakerin       : 05 Januari – 31 Maret 2018
Alamat                  : Jln. Raya Sukabumi-Bogor Kp. Bangkongreang RT. 03/04
              Ds. Benda Kec. Cicurug - Sukabumi.                       
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUMAT
SABTU
MASUK
08.00
MASUK
08.00
MASUK
08.00
MASUK
08.00
MASUK
08.00
MASUK
08.00
ISOMA
12.00
ISOMA
12.00
ISOMA
12.00
ISOMA
12.00
ISOMA
12.00
ISOMA
12.00
MASUK
13.00
MASUK
13.00
MASUK
13.00
MASUK
13.00
MASUK
13.00
MASUK
13.00
PULANG
16.00
PULANG
16.00
PULANG
16.00
PULANG
16.00
PULANG
16.00
PULANG
16.00



  BAB II
KEADAAN UMUM

2.1  IDENTITAS PERUSAHAAN
Nama Dunia Industri                    : CV.CERUTU PRODUCTION II
Unit Praktek Kerja Lapangan       : Teknik Pembuatan Banner Rumah Makan
Alamat                                          : Jln. Raya Sukabumi-Bogor Kp.Bangkoreang                                                         RT 03 /04 Desa Benda Kec. Cicurug
No Telephon / Fax                        : (0266) 734707 / 081280125471
Nama Pimpinan                             : Dindin Saripudin
Nama Pembimbing                        : Billy Jonathan Clif
Telp. Pembimbing                        : 089650718839
Tanggal mulai PRAKERIN          : 04 Januari 2018
Tanggal selesai PRAKERIN        : 31 Maret 2018

2.2 Sejarah Perusahaan
     Cerutu Productions cv adalah salah satu percetakan yang terletak di Desa Babakan Jaya. Tepatnya di Kp. Pondokaso RT. 01/01 Desa. Babakan Jaya Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi. Bermula dari semangat muda yang ingin maju,  Cerutu Productions cv mulai berkembang memenuhi kebutuhan zaman. Perusahaan ini  berdiri sejak tahun 1996 yang awalnya bernama Hamba Ofsset, namun pada tahun 2001 akhir berubah menjadi percetakan Cerutu Productions cv.
     Dindin Saripudin merupakan pemilik dari percetakan Cerutu Productions cv. Mahasiswa yang kuliah di Akademi Tekhnologi Grafika Trisakti Lulusan Angkatan 1998 ini lebih memilih menjadi pengusaha muda meskipun melalui banyak rintangan dan halangan. Namun layaknya jiwa muda yang tidak mudah menyerah begitu saja. Dindin Saripudin  lahir pada tgl 03 Februari 1976 di Desa Babakan Jaya. Setiap pengusaha  tentunya memulai dari bawah begitupun pemuda ini.
     Segudang pengalaman dari dunia bisnis pernah ia lakoni, mulai dari penjual pakaian jadi, pedagagang sembako, jual beli kendaraan bermotor, jual sparepart kendaraan bermotor sampai buka bengkel motor pun pernah, Setelah lulus STM Grafika Mardi Yuana Bogor Lulusan Tahun 1995, pria ini memutuskan untuk melanjutkan kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta yaitu di kampus ATGT ( Akademi tehnologi Grafika Trisakti ), karena pemuda ini kuliah sambil bisnis, tapi yang membuat salut, selama menempuh kuliah di ATGT tidak pernah molor kuliahnya, 3 Tahun lulus tepat waktu, dipertengah kuliah pun sudah bisa bangun rumah sendiri walaupun ukuran Type 36 untuk ukuran perumahan jaman sekarang.
     Habis kuliah banyak perusahaan yang dulunya pernah dijadikan tempat PKL, seperti Pikiran Rakyat, Suara Pembaharuan, Dian Rakyat, dan lain lain menawarinya untuk masuk menjadi karyawan, namun kami menolaknya dengan alasan ingin mengembangkan usaha sendiri, berangkat dari modal nekat, kejujuran dan kerja keras, saya meniti usaha dengan membuka jasa sablon dan setting seadanya, bermodalkan alat seadanya kami tegar menghadapi ujian dan rintangan, lambat laun tapi pasti kami menabung untuk membeli satu demi satu peralatan/mesin cetak, perlu kita ketahui dunia percetakan adalah dunia yang sangat komplek dengan perkembangan jaman, karena tehnologi cetak hampir tiap tahun selalu berubah – rubah tehnologi, maka tidak heran banyak orang yang tidak kuat mengikuti perkembangan tehnologi percetakan, tapi kami yakin walau berat sebisa mungkin mengikuti perkembangannya, al hasil masuk di tahun 2010 hampir 80 persen mesin percetakan dari yang harga mulai 35 juta sampai yang harga 1/5 milyar sudah dimilikinya, ini semua diperoleh dengan kerja keras dan dukungan sang istri yang membuat saya  bisa seperti ini, alhamdulilah perusahaan kami sudah bisa memperkerjakan  orang-orang disekitarnya,  17 orang karyawan sudah bergabung diperusahaan kami, mulai dari operator setting, operator mesin cetak toko, operator mesin GTO 52, Operator mesin digital print/Baner, Operator Sablon, Operator Mesin Potong, dan Bagian Finishing dan lain-lain, tidak lupa kami sampaikan, kami berikan layanan kesehatan gratis untuk semua karyawan, mulai dari suami/istri dan 3 anak kami tanggung, tanpa memotong gaji sepeser pun, ini bukti keperdulian dan rasa kekeluargaan yang kami tanamkan sejak dini.

Description: C:\Users\user\Pictures\2.jpg
Gambar 2.1 logo Cerutu Production II
Sumber : Perusahaan Cerutu Production II 2018

2.3 Ruang Lingkup Usaha
      Cv. Cerutu Production adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan atau lebih tepatnya Desaign dan Printing. CV CERUTU PRODUCTION II terletak di Jln. Raya Sukabumi-Bogor Kp. Bangkongreang RT. 03/04 Ds. Benda Kec. Cicurug - Sukabumi.
1.      Kondisi Fisik
a. Bangunan/Ruang Industri
No
Nama Bangunan
Luas
Keterangan
1
Cv. Cerutu Production II

Layak Pakai
                                    Tabel 1.2 Bangunan/Ruang Industri
            b. Perlengkapan/Alat Industri
No
Nama Alat/Perlengkapan
Jumlah
Keterangan
1
Komputer
4
Baik
2
Mesin
4
Baik
3
Printer
2
Baik
4
Dispenser
1
Baik
5
CCTV
4
Baik
6
Telepon
1
Baik
Tabel 1.3 Perlengkapan/Alat Industri
C. Ketersediaan Fasilitas Lain
No
Jenis Fasilitas
Ketersediaan
Keterangan
1
Masjid
Ada
Baik
2
Toilet
Ada
Baik
3
Ruang Administrasi
Ada
Baik
4
Gudang
Ada
Baik
5
Ruang Finishing
Ada
Baik
6
Ruang Setting
Ada
Baik

Teknologi yang digunakan antara lain :
a.       Perangkat keras yang digunakan :
·         Perangkat computer (prolink).
·         Printer laser dan warna dari canon.
·         Develop ineo+ 454e
·         Scanner
·         Mesin foto copy (canon 5000i) dan mesin foto copy warna c2020.
·         Hub terminal internet dari speedy.
·         Graptec cutting plotter ce5000-60.
·         Polaris digital printing.
b.      Perangkat lunak yang digunakan :
·           Corel draw
·           Photoshop
·           Casemate pro 6.52
c.       Mencetak :
1.    Undangan
2.    Nota
3.    Surat jalan
4.    Kartu Nama
5.    Brosur
6.    Kalender
7.    Stiker
8.    Banner
9.    Stempel
·      Menjual :
1.    Macam Kertas
2.    Bahan Undangan
3.    Blanko Undangan
4.    Plastik Undangan
5.    Label Undangan
6.    Bahan/ Gagang stempel :
·      Otomatis
·      Runafle
·      Fulmax
7.    ATK
8.    Alat-alat sablon
9.    Kebutuhan Cetak :
·      Tinta Offset
·      Etching
·      Plat/Master Kering
·      Klise Matris Poli/Embos


2.4 Struktur Organisasi Perusahaan















Gambar 2.3 Struktur Organisasi




BAB III
PEMBAHASAN

3.1 SEJARAH CORELDRAW
     CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X6 atau versi 16 (saat artikel ini dibuat) yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2012. CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows.
     CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.
3.1.1 PENDIRI CORELDRAW
     Dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang berkaitan dengan grafis. CorelDRAW tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini, CorelDRAW adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. CorelDRAW sangat laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus, mungkin corel sudah sangat familiar bagi para desainer saat ini. Namun, apakah mereka atau bahkan Anda tahu siapa penemu dari aplikasi tersebut?
     Dialah Michael Cowpland yang lahir pada tanggal 23 tahun 1943. Menerima gelar teknik B.Sc dari Imperial College di London. Kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada dan menyelesaikan pendidikan masternya pada tahun 1968. Ia mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada, businessman, dan pendiri dari Corel.
     Dialah cikal bakal yang melakukan Research Laboratory. Perusahaan ini melesat sangat cepat begitu produk CorelDraw muncul di pasaran, dan menjadi perusahaan software terbesar di Kanada.Jadi, secara terminologi (bahasa) CoReL merupakan akronim dari Cowpland Research Laboratory.
     Beberapa tools yang ditawarkan oleh corel draw yang berbasis vector adalah : Note-edit tool,stroke before fill,mesh fill dan sebagainya. Corel draw juga memiliki perbedaan mencolok dibandingkan dengan saingannya, yang pertama adalah bahwa corel draw adalah satu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vector. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangan warna bahkan mengubah dari mode RGB(RED, GREEN ,BLUE) menjadi CMYK ( CYAN ,MAGENTA,YELLOW).

Description: COREL DRAW X7_yudhaargasainstek
Gambar 3.1.1 corel draw versi x7
Hadir dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg dapat disesuaikan secara penuh. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan. kemudahan untuk memilih font dengan tampilan yang lebih nyaman. terdapat special effect pada photo editing, layout dan drwing tool yang lebih presisi, dukungan terhadap resolusi tinggi dan multi display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.
3.1.2 Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
            Gambar 3.1.2 pick tool
Pick tool                      = berfungsi untuk seleksi objek atau memilih objek 
Freehand Pick tool      = berfungsi untuk seleksi objek secara bebas
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
         Gambar 3.1.2 shape tool
Shape tool                   = berfungsi untuk mengedit objek berbentuk kurva
Smudge Brush tool     = berfungsi untuk merubah objek vektor 
Roughen Brush tool    = berfungsi untuk merubah garis luar objek vektor
Free Transform tool    = berfungsi untuk merubah objek dengan menggunakan Free                                      Rotation, Angle Rotation, Scale dan Skew Tool, Smear tool.
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
            Gambar 3.1.2 crop tool
Crop tool                     = berfungsi untuk memotong atau menghapus objek 
Knife tool                    = berfungsi untuk memotong objek
Eraser tool                   = berfungsi untuk menghapus objek 
Virtual Segment          = berfungsi untuk menghapus bagian dari objek                                                           diantara persimpangan 
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
    Gambar 3.1.2 zoom tool
Zoom tool                   = berfungsi untuk memperbesar tampilan
Pan tool                       = berfungsi untuk menggeser tampilan layar
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
        Gambar 3.1.2 freehand tool
Freehand tool              = berfungsi untuk membuat garis secara bebas
2-Point Line tool         = berfungi untuk membuat garis tunggal tanpa kurva
Bezier tool                   = berfungsi untuk membuat kurva 
Artistic media tool      = untuk menyediakan akses pada Brush, Sprayer,                                                        Calligraphic, dan Pressure tool
Pen tool                       = berfungsi untuk membuat gambar kurva
Polyline tool                = berfungsi untuk membuat garis dan kurva
3 Point Curve tool       = berfungsi untuk membuat kurva dengan menentukan titik awal.

Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw             
                Gambar 3.1.2 smart fill tool
Smart Fill tool             = berfungsi untuk mewarnai objek
Smart Drawing tool    = berfungsi untuk merubah coretan tangan menjadi garis lebih                                     halus.
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
                Gambar 3.1.2 rectangle tool
Rectangle tool              = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk kotak
3 point Rectangle tool = berfungsi untuk membuat kotak pada sudut tertentu
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
         Gambar 3.1.2 ellipse tool
Ellipse tool                  = berfungsi untuk membuat lingkaran
3 point Ellipse tool       = berfungsi untuk membuat lingkaran pada sudut tertentu
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
          Gambar 3.1.2 polygon tool
Polygon tool                = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk polygon
Star tool                      = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk bintang
Complex Star tool       = berfungsi untuk membuat gambar bintang banyak sisi
Graph Paper tool         = berfungsi untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis                             yang sama
Spiral tool                    = berfungsi untuk menggambar spiral
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
                Gambar 3.1.2 basic shape tool
Basic Shape tool         = berfungsi untuk memilih bermacam-macam bentuk
Arrow Shape tool        = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk panah
Flowchart Shapes tool= berfungsi untuk menggambar symbol flowchart
Banner Shapes tool     = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk pita 
Callout Shapes tool     = berfungsi untuk membuat callout 
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
                    Gambar 3.1.2 text tool
Text tool                      = berfungsi untuk membuat teks / tulisan
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
                Gambar 3.1.2 table tool
Table tool                    = berfungsi untuk membuat tabel
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
Parallel Dimension                              = berfungsi untuk membuat garis dengan ukuran                                                          dimensi miring
Horizontal or Vertical Dimension       = berfungsi untuk membuat garis ukuran                                                                      dimensi horizontal dan vertikal
Angular Dimension                             = berfungsi untuk membuat garis ukuran                                                                      segitiga 
Segment Dimension                            = berfungsi untuk menampilkan dimensi antara                                                            titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
3-Point Callout                                    = berfungsi untuk membuat garis                                                                                  petunjuk/keterangan
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
          Gambar 3.1.2 straight-line connector tool
Straight-Line Connector                     = berfungsi untuk membuat konektor line / lurus
Right-Angle Connector                      = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku                                                            dengan sudut tajam
Right-Angle Round Connector          = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku                                                            dengan sudut tumpul
Edit Anchor                                        = berfungsi untuk mengedit garis konektor
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
       Gambar 3.1.2 blend tool

Interactive Blend tool                         = berfungsi untuk mencampur dua objek
Interactive Contour tool         = berfungsi untuk membuat bentuk garis luar pada                                                       objek
Interactive Distortion tool      = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada                                                       objek
Interactive Drop Shadow tool = berfungsi untuk memberi bayangan sehingga objek                                                   terlihat timbul
Interactive Envelope               = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada                                                       objek dengan cara mendrag node
Interactive Extrude                 = berfungsi untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada                                               objek
Interactive Transparency tool = berfungsi untuk membuat objek menjadi transparan
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
     Gambar 3.1.2 color eyedropper tool

Color Eyedropper tool            = berfungsi untuk memilih warna
Attributes Eyedropper tool     = berfungsi untuk memilih dan menyalin properti pada                                                objek
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
    Gambar 3.1.2 interactive fill tool
Interactive Fill tool                 = berfungsi untuk memberi warna dengan gradasi fill
Interactive Mesh tool              = berfungsi untuk memberi warna gradasi fill dengan                                                  garis


Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
         Gambar 3.1.2 outline tool
Outline tool = berfungsi untuk memberi garis dengan berbagai macam ketebalan garis
Description: Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw 
                Gambar 3.1.2 fill tool
Fill tool = berfungsi untuk memberi warna seperti warna gradasi, pattern, bubble dan lain-lain
 



3.2 Persiapan Awal Dalam Pembuatan Banner
·         Komputer/Laptop
·         Software pendukung (coreldraw)
·         Mesin Polaris ( Mesin Digital Printing Outdoor )
·         Flecy cina/flecy korea/cousion ( bahan banner )
·         Lem Cyanoacrylate
·         Alat untuk melubangi
·         Ring
·         Gunting/cutter

3.3 Desain Banner menggunakan corel draw x7
1. Atur ukuran sesuai kebutuhan ( custom ).
2. Ubah units (satuan) dari millimeters menjadi centimeters.
3. Membuat kotak dengan cara mengklik Rectangle Tool (F6)

4. Import gambar untuk background hingga mengeluarkan tampilan seperti dibawah. Lalu klik
5. Setelah itu, sesuaikan ukuran gambar dengan ukuran kotak. Lalu, masukan gambar kedalam kotak tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih Power clip inside.
6. Kemudian masukan teks sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen dengan cara mengklik Text tool (F8) .
7. Pilih font yang cocok, sesuaikan warna dengan background dan atur ukuran text , lalu tempatkan agar terlihat menarik.
8. Setelah banner terlihat semenarik mungkin, blok menggunakan Pick tool lalu group all objects dengan cara ( ctrl + G ).
9. Lalu klik gambar tersebut dan klik P agar menyesuaikan dengan ukuran custom ( rata tengah ).


10. Dan hasilnya akan seperti ini
Gambar 3.2 Banner Rumah Makan

3.4 Cara Mencetak Banner
1. Atur posisi banner dengan ukuran bahan di coreldraw dan atur jarak lipat 5 cm.
2. Eksport gambar menjadi format JPG-JPEG Bitmaps
3. Buka software photoprint
4. Ambil foto dengan cara Job-Add job dan cari file yang sudah di eksport lalu klik
    add.
5. Atur posisi sesuai bahan yang akan digunakan ( landscape/portrait).
6. Buka software yang terhubung ke mesin ( PQ8H)
7. Lalu cetak / print sampai selesai.










3.5 Tahap Akhir Pembuatan Banner ( Finishing )
1. Potong dan lipat bagian yang sudah diatur dalam coreldraw tadi ( 5cm). Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180313_093057.jpg
Gambar 3.5 Pemotongan (cutting)
2. Lem bagian tersebut , lalu lubangi menggunakan ring.
Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0224.JPG
Gambar 3.5 Proses lem pada banner
3. Periksa kembali banner yang telah anda buat sesuai dengan desain awal                   untuk memastikan tidak ada kesalahan.
Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180108_204724.jpg
Gambar 3.5 Proses melipat banner dengan baik dan benar
4. Dan tahap akhir yaitu pengemasan atau packing.      



BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN
            Selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), penulis dapat
menyimpulkan bahwa  :
1.    Selama melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis menemukan jati             diri selama berada dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas.
2.    Setelah melakasanakan praktek kerja lapangan dari tanggal 05 Januari 2018            sampai dengan selesai dan pembekalan yang diberikan oleh guru produktif             yang selama ini tidak diketahui dan belum dipelajari di sekolah ditemui saat         prakerin.
3.    Praktek kerja lapangan ini merupakan kegiatan belajar mengenal bagaimana            kondisi nantinya seandainya telah masuk ke dalam lingkungan kerja        sebenarnya.
4.    PKL merupakan suatu modal dasar dalam menghadapi dunia kerja secara   nyata.karena hal-hal yang didapat selama praktik diinstansi belum tentu      di         dapat disekolah.
5.    Usaha yang dipelopori dengan yang gigih akan membuahkan hasil di          kemudian hari.
6.    Kejujuran dan kesabaran adalah modal utama bagi seorang pengusaha sukses.
7.    Kedisiplinan,kerajinan dan tanggung jawab merupakan sikap yang sangat   penting dalam menjalankan sebuah perusahaan.
8.    Pengorganisasian yang tepat , teratur dan terencana membuat perusahaan akan       berjalan dengan baik.
9.      Dengan menciptakan rasa kekeluargaan sesama pembimbing maupun peserta prakerin akan tercipta hubungan yang harmonis.





4.2 SARAN
     Berikut adalah beberapa saran penulis untuk sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan ,yaitu :
1.    Dengan harapan pendidikan sistem ganda di tempat ini dapat berkelanjutan            bagi adik-adik kami.
2.    Demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan disiplin kerja harus lebih     ditingkatkan.
3.    Tiap jurusan harus diaktifkan dalam hal praktek saat jam praktek.
4.    Harapan penulis supaya kedisiplinan sekolah ditegaskann
5.    Hubungan antara pembimbing dan peserta prakerin yang sudah terjalin       semoga akan selalu terbuka dengan baik.
6.    Hubungan kerja serta bimbingan pada saya semoga dicatat oleh Allah sebagai        Amal Ibadah “Amin”.
7.    Kami harap agar KREATIF memberikan perhatian dan bimbingan khususnya         bagi siswa-siswi yang melaksanakan PKL hal ini agar menambah semangat     dan motivasi siswa-siswi dalam menuntut ilmu.
8.    Dan juga agar guru-guru  selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada          siswa-siswi SMKN 1 SUKALARANG .


DAFTAR PUSTAKA



L
A
M
P
I
R
A
N

Lampiran I : Bukti Penerimaan PKL
Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0235.JPG
Gambar kerjasama antara pembimbing lapangan dan pembimbing sekolah
Lampiran II : Dokumentasi Praktek Kerja Lapangan
Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180108_204724.jpg
Foto I : Finishing banner PDI
Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0226.JPG
Foto 2 : Pengukuran bahan banner pada mesin polaris
Description: C:\Users\user\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\_MG_0215.jpg
Foto 3 : Mencetak mushaf pada kertas Artpaper menggunakan mesin develop ineo 454e.
Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0205.JPG
Foto 4 : Saat sedang diruang setting
Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0248.JPGDescription: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0249.JPG
Foto 5 : Mengambil undangan sesuai katalog

Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0251.JPG
Foto 7 : Sedang melayani konsumen
Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0216.JPG
Foto 8 : Tahap Akhir Pembuatan Banner
Lampiran III : Beberapa mesin yang disediakan
Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180309_115023.jpg
Foto 1 : Mesin Pemotong Kertas (cutting)

Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180309_115015.jpg
Foto 2 : Mesin Heidelbero
Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180309_114955.jpg
Foto 3 : Mesin Laminasi

Description: C:\Users\user\Pictures\cerutu 2\_MG_0229.JPG
Foto 4 : Mesin Polaris ( Digital Printing Outdoor )
Description: C:\Users\user\Pictures\Camera\20180315_082911.jpg
Foto 5 : Mesin Develop -454e



Komentar