Contoh Laporan Prakerin Multimedia 2018
TEKNIK
PEMBUATAN BANNER RUMAH MAKAN
DI PERCETAKAN CERUTU II
Laporan
Praktek Kerja Lapangan
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat
Kompetensi Keahlian Multimedia Menyelesaikan Program Praktek Kerja Lapangan
2017/2018
Oleh
:
ALDESTA
FITRIANI
1161700029
KOMPETENSI
KEAHLIAN MULTIMEDIA
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN NEGRI 1 SUKALARANG
DINAS
PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
2018
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH
TEKIK PEMBUATAN BANNER RUMAH MAKAN
DI PERCETAKAN CERUTU II
Oleh :
ALDESTA
FITRIANI AA
1161700029
Menyetujui
Pembimbing
Dede.M.Kom
NUPTK. 984 275
4656200042
Mengetahui,
Ketua Kompetensi Ketua
Praktek Kerja Lapangan
Keahlian
Multimedia
Mira Kusmiranti, S.T Endrawati,
S.Pd.Ing, M.M
NIP.
197911122009022002 NIP.197703052009022001
Kepala SMK Negri 1 Sukalarang
Ade Rusliana,
S.Pd,M.Pd
Pembina
NIP.196602131988121001
LEMBAR
PENGESAHAN INDUSTRI
CV CERUTU PRODUCTION II
Laporan ini disampaikan untuk
memenuhi persyaratan penyelesaian
Praktek Kerja Lapangan SMK Negeri 1
SUKALARANG
Tahun Pelajaran 2017 - 2018
Disahkan
di : Sukabumi
Pada
Tanggal : 04 Januari
Disusun oleh :
ALDESTA
FITRIANI AA
1161700029
Disahkan dan
disetujui oleh :
Pimpinan DU/DI
|
Pembimbing DU/DI
|
|
DINDIN SARIPUDIN
|
BILLY
JONATHAN CLIF
|
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Karena dengan ridho dan karunia-Nya
laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dapat terselesaikan, sebagai bukti
telah berakhirnya Praktek Kerja Lapangan (PKL) di CV.CERUTU PRODUCTION.
Laporan ini juga menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian nasional tahun
ajaran 2017/2018 di SMKN 1 SUKALARANG. Berkat
dorongan dan bantuan dari berbagai pihak, maka hambatan dan kesulitan yang
penulis hadapi dapat teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih
kepada :
1.
Kedua orang tua tercinta yang telah
memberikan izin serta memberikan dukungan moral dan spiritual.
2.
Bapak
Ade Rusliana,S.Pd,M.Pd selaku Kepala SMKN 1 SUKALARANG.
3.
Ibu
Endrawati, S.Pd.Ing, M.M selaku Ketua Praktik Kerja Lapangan.
4.
Ibu Mira Kusmiranti ,S.T selaku Kaprog
MULTIMEDIA..
5.
Bapak Dede M.Kom selaku guru pembimbing
Praktek Kerja Lapangan.
6.
Staff/ karyawan/guru dilingkungan SMKN
1 SUKALARANG.
7.
Bapak Dindin Saripudin selaku Owner CV CERUTU
PRODUCTION.
8.
Abang Billy Jonathan Clif selaku pembimbing lapangan.
9. Rekan-rekan
siswa kelas XI MULTIMEDIA.
Serta semua pihak yang terlalu
banyak untuk disebut satu persatu sehingga terwujudnya penulisan ini. Penulis
menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna,
untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi
kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.
Sukabumi,
April 2018
Penyusun
Aldesta
Fitriani
BAB II


DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL …………………………………………………………... i
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH ……………………………………... ii
LEMBAR
PENGESAHAN INDUSTRI ……………………………………... iii
KATA
PENGANTAR ………………………………………………………… iv
DAFTAR
ISI ………………………………………………………………….... v
DAFTAR
GAMBAR ………………………………………………………….. vi
BAB
I : PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Tujuan Praktek Kerja Lapangan .……………………………1
1.2 Tujuan
Pembuatan Laporan ………………………………………………… 2
1.3 Metode
……………………………………………………………………… 2
1.4 Waktu
dan Tempat ………………………………………………………….. 3
BAB
II : KEADAAN UMUM
2.1 Identitas Perusahaan
………………………………………………………... 4
2.2 Sejarah Perusahaan
…………………………………………………………. 5
2.2 Ruang Lingkup Usaha
……………………………………………………... .6
2.3 Struktur Organisasi
………………………………………………………… .9
BAB
III : PEMBAHASAN
3.1 Sejarah Coreldraw
.........................................................................................
10
3.1.1 Pendiri Coreldraw
................................................................................
10
3.1.2 Fungsi-Fungsi
Toolbox pada Coreldraw ............................................. 12
3.2 Persiapan Awal Dalam Pembuatan
Banner …....…………………………... 19
3.3 Desain Banner
…………………………………………………………....... 19
3.4 Cara Mencetak Banner
…………………………………………………….. 22
3.5 Tahap Akhir Pembuatan Banner (Finishing)
…………………………….... 23
BAB
IV : KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………….…..
33
4.2 Saran ……………………………………………………………………….
34
DAFTAR
PUSTAKA
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 2.1 logo Cerutu Production II ……………………………….....…….
6
Gambar 2.3 Struktur Organisasi ……………………………………...………. 9
Gambar 3.1.1 corel draw versi x7
…………………………………………… 11
Gambar 3.1.2 pick tool
……………………………………………………..... 12
Gambar 3.1.2 shape tool
…………………………………………………….. 12
Gambar 3.1.2 crop tool ………………………………………………………
12
Gambar 3.1.2 zoom tool ……………………………………………………...
13
Gambar 3.1.2 freehand tool ………………………………………………..... 13
Gambar 3.1.2 smart fill tool ………………………………………….…….... 14
Gambar 3.1.2 freehand tool ………………………………………………..... 13
Gambar 3.1.2 smart fill tool ………………………………………….…….... 14
Gambar 3.1.2 rectangle tool …………………………………………............14
Gambar 3.1.2 ellipse tool …………………………………………………….
14
Gambar 3.1.2 polygon tool …………………………………………………...
14
Gambar 3.1.2 basic shape tool ………………………………………………. 15
Gambar 3.1.2 text tool ………………………………………………………..
15
Gambar 3.1.2 table tool ……….……………………………………..............
15
Gambar 3.1.2 straight-line
connector tool …………………………………... 16
Gambar 3.1.2 blend tool ……………………………………………………... 16
Gambar 3.1.2 color eyedropper
tool ……………………………………….... 17
Gambar 3.1.2 interactive fill
tool ……………………………………………. 17
Gambar 3.1.2 outline tool ………………………………………………….... 18
Gambar 3.1.2 fill tool ………………………………………………...….…... 18
Gambar 3.2 Banner Rumah Makan ……………………………………….….
22
Gambar 3.4 Pemotongan (cutting) …………………………………………...
23
Gambar 3.4
Proses melipat banner dengan baik dan
benar ……………….... 24
Gambar 3.4 Proses lem pada banner ………………………………………... 23
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan ilmu teknologi sangat pesat sekarang
ini, membuat kita untuk lebih membuka diri dalam menerima perubahan-perubahan
yang terjadi akibat kemajuan dan perkembangan tersebut. Dengan
adanya kemajuan di bidang teknologi tersebut banyak bidang usaha yang ikut juga
memajukan usahanya ke dalam teknologi komputer. Dengan adanya penggunaan
komputer dalam bidang usaha diharapkan dapat membantu para pengusaha untuk
memprediksi keadaan atau kebutuhan masa depan sehingga para pengusaha dapat
memajukan usahanya. Dengan adanya kepentingan tersebut maka diperlukan
informasi yang berkualitas dan tepat waktu. Teringat pada hal itu, banyak para
pengusaha yang melakukan promosi
dengan cara memasang banner/ x-banner
di sepanjang jalan raya. Selain untuk pengusaha banner juga sering dipakai
untuk penyampaian informasi politik seperti saat sedang pemilihan presiden dan
bupati/walikota. Dengan itu, penyusun mengambil judul : ” TEKNIK PEMBUATAN
BANNER RUMAH MAKAN DI PERCETAKAN CERUTU II ”.
Banner adalah salah satu media promosi yang
dicetak dengan mesin Digital Printing
Outdoor yang umumnya berbentuk vertikal atau horizontal. Banner adalah
bentuk penyederhanaan dari Baliho. Banner sering kita jumpai di toko
kaset, sebuah event produk, bank, mall, dan toko-toko lainnya dari jualan makanan
sampai salon hampir semua mempunyai Banner. Banyak orang menggunakan banner karena banner mudah
dipindah-pindahkan posisinya, mudah digulung, awet, dan praktis.
Jenis banner yakni ada banner
stading (x-banner) dan banner roll up (roll alumunium). Jenis bahan yang
digunakan pun ada beragam diantaranya flexi korea, flexi cina, flexi jerman,
dan abadros. Ukuran umum yang sering dipakai yaitu : 1). 120 x 60 cm 2). 160 x 60 cm 3). 40 x 25 cm .
1.2 Tujuan Pembuatan Laporan
1.
Untuk
memperluas pengetahuan peserta didik tentang dunia industri.
2.
Untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat selama
sekolah di lapangan kerja yang sesungguhnya.
3.
Melatih
peserta didik agar terampil dalam menyusun, menguraikan, dan menyimpulkan
pengalaman kerja yang didapat di industri ke dalam bentuk laporan.
4.
Agar
peserta didik dapat mengenal dan mengetahui keadaan dunia industri yang
sesungguhnya.
5.
Melatih
peserta didik untuk menyusun laporan yang baik dan benar.
6.
Memberi
bukti tertulis kepada pihak sekolah dan industri tentang semua kegiatan yang
dilakukan selama di industri.
1.3
Metode
1. Metode Penyusunan
Mengargumentasikan dan memaparkan
permasalahan secara terperinci sesuai dengan data dan fakta yang ada Dalam
penyusunan laporan ini penulis menggunakan metode deskriptif.
2. Teknik Penyusun Observasi
Yaitu melaksanakan secara langsung di
perusahaan melalui teori yang kemudian diterapkan dalam bentuk kegiatan atau
Praktek Kerja Lapangan (PKL).
3. Interview
Yaitu mengumpulkan data dengan cara
melakukan tanya jawab secara langsung, hal ini dilakukan untuk memperoleh suatu
informasi yang tepat dan jelas yang dibutuhkan di dalam penyusunan laporan.
4.
Study
Literatur
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dan cara mencari serta
membaca buku-buku diperpustakaan yang ada kaitannya dengan pembahasan masalah.
1.4 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan
Tempat Prakerin : CV. CERUTU PRODUCTION II
Hari : Senin – Sabtu
Waktu : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
Lama Prakerin : 05 Januari – 31 Maret 2018
Alamat
: Jln. Raya
Sukabumi-Bogor Kp. Bangkongreang RT. 03/04
Ds. Benda Kec. Cicurug - Sukabumi.
|
SENIN
|
SELASA
|
RABU
|
KAMIS
|
JUMAT
|
SABTU
|
|
MASUK
08.00
|
MASUK
08.00
|
MASUK
08.00
|
MASUK
08.00
|
MASUK
08.00
|
MASUK
08.00
|
|
ISOMA
12.00
|
ISOMA
12.00
|
ISOMA
12.00
|
ISOMA
12.00
|
ISOMA
12.00
|
ISOMA
12.00
|
|
MASUK
13.00
|
MASUK
13.00
|
MASUK
13.00
|
MASUK
13.00
|
MASUK
13.00
|
MASUK
13.00
|
|
PULANG
16.00
|
PULANG
16.00
|
PULANG
16.00
|
PULANG
16.00
|
PULANG
16.00
|
PULANG
16.00
|
KEADAAN UMUM
2.1 IDENTITAS PERUSAHAAN
Nama Dunia Industri : CV.CERUTU PRODUCTION II
Unit Praktek Kerja Lapangan : Teknik Pembuatan Banner Rumah Makan
Alamat :
Jln. Raya Sukabumi-Bogor Kp.Bangkoreang RT 03
/04 Desa Benda Kec. Cicurug
No Telephon / Fax : (0266) 734707 /
081280125471
Nama Pimpinan : Dindin
Saripudin
Nama Pembimbing : Billy Jonathan Clif
Telp. Pembimbing : 089650718839
Tanggal mulai PRAKERIN : 04 Januari 2018
Tanggal selesai PRAKERIN : 31 Maret 2018
2.2 Sejarah Perusahaan
Cerutu Productions cv
adalah salah satu percetakan yang terletak di Desa Babakan Jaya. Tepatnya di
Kp. Pondokaso RT. 01/01 Desa. Babakan Jaya Kec. Parungkuda Kab. Sukabumi. Bermula
dari semangat muda yang ingin maju,
Cerutu Productions cv mulai berkembang memenuhi kebutuhan zaman.
Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1996 yang awalnya bernama Hamba
Ofsset, namun pada tahun 2001 akhir berubah menjadi percetakan Cerutu Productions
cv.
Dindin Saripudin
merupakan pemilik dari percetakan Cerutu Productions cv. Mahasiswa yang kuliah
di Akademi Tekhnologi Grafika Trisakti Lulusan Angkatan 1998 ini lebih memilih
menjadi pengusaha muda meskipun melalui banyak rintangan dan halangan. Namun
layaknya jiwa muda yang tidak mudah menyerah begitu saja. Dindin Saripudin lahir pada tgl 03 Februari 1976 di Desa
Babakan Jaya. Setiap pengusaha tentunya memulai dari bawah
begitupun pemuda ini.
Segudang pengalaman dari
dunia bisnis pernah ia lakoni, mulai dari penjual pakaian jadi, pedagagang
sembako, jual beli kendaraan bermotor, jual sparepart kendaraan bermotor sampai
buka bengkel motor pun pernah, Setelah lulus STM Grafika Mardi Yuana Bogor
Lulusan Tahun 1995, pria ini memutuskan untuk melanjutkan kuliah di sebuah
perguruan tinggi swasta ternama di Jakarta yaitu di kampus ATGT ( Akademi
tehnologi Grafika Trisakti ), karena pemuda ini kuliah sambil bisnis, tapi yang
membuat salut, selama menempuh kuliah di ATGT tidak pernah molor kuliahnya, 3
Tahun lulus tepat waktu, dipertengah kuliah pun sudah bisa bangun rumah sendiri
walaupun ukuran Type 36 untuk ukuran perumahan jaman sekarang.
Habis kuliah banyak
perusahaan yang dulunya pernah dijadikan tempat PKL, seperti Pikiran Rakyat,
Suara Pembaharuan, Dian Rakyat, dan lain lain menawarinya untuk masuk menjadi
karyawan, namun kami menolaknya dengan alasan ingin mengembangkan usaha
sendiri, berangkat dari modal nekat, kejujuran dan kerja keras, saya meniti
usaha dengan membuka jasa sablon dan setting seadanya, bermodalkan alat
seadanya kami tegar menghadapi ujian dan rintangan, lambat laun tapi pasti kami
menabung untuk membeli satu demi satu peralatan/mesin cetak, perlu kita ketahui
dunia percetakan adalah dunia yang sangat komplek dengan perkembangan jaman,
karena tehnologi cetak hampir tiap tahun selalu berubah – rubah tehnologi, maka
tidak heran banyak orang yang tidak kuat mengikuti perkembangan tehnologi
percetakan, tapi kami yakin walau berat sebisa mungkin mengikuti
perkembangannya, al hasil masuk di tahun 2010 hampir 80 persen mesin percetakan
dari yang harga mulai 35 juta sampai yang harga 1/5 milyar sudah dimilikinya,
ini semua diperoleh dengan kerja keras dan dukungan sang istri yang membuat
saya bisa seperti ini, alhamdulilah
perusahaan kami sudah bisa memperkerjakan
orang-orang disekitarnya, 17
orang karyawan sudah bergabung diperusahaan kami, mulai dari operator setting,
operator mesin cetak toko, operator mesin GTO 52, Operator mesin digital
print/Baner, Operator Sablon, Operator Mesin Potong, dan Bagian Finishing dan
lain-lain, tidak lupa kami sampaikan, kami berikan layanan kesehatan gratis
untuk semua karyawan, mulai dari suami/istri dan 3 anak kami tanggung, tanpa
memotong gaji sepeser pun, ini bukti keperdulian dan rasa kekeluargaan yang
kami tanamkan sejak dini.

Gambar 2.1 logo Cerutu Production II
Sumber : Perusahaan Cerutu Production II 2018
2.3
Ruang Lingkup Usaha
Cv. Cerutu Production adalah
sebuah perusahaan yang bergerak dibidang percetakan atau lebih tepatnya Desaign
dan Printing. CV CERUTU PRODUCTION II terletak di Jln.
Raya Sukabumi-Bogor Kp. Bangkongreang RT. 03/04 Ds. Benda Kec. Cicurug -
Sukabumi.
1.
Kondisi
Fisik
a. Bangunan/Ruang Industri
|
No
|
Nama Bangunan
|
Luas
|
Keterangan
|
|
1
|
Cv. Cerutu
Production II
|
|
Layak Pakai
|
Tabel
1.2 Bangunan/Ruang Industri
b. Perlengkapan/Alat Industri
|
No
|
Nama Alat/Perlengkapan
|
Jumlah
|
Keterangan
|
|
1
|
Komputer
|
4
|
Baik
|
|
2
|
Mesin
|
4
|
Baik
|
|
3
|
Printer
|
2
|
Baik
|
|
4
|
Dispenser
|
1
|
Baik
|
|
5
|
CCTV
|
4
|
Baik
|
|
6
|
Telepon
|
1
|
Baik
|
Tabel
1.3 Perlengkapan/Alat Industri
C. Ketersediaan Fasilitas Lain
|
No
|
Jenis Fasilitas
|
Ketersediaan
|
Keterangan
|
|
1
|
Masjid
|
Ada
|
Baik
|
|
2
|
Toilet
|
Ada
|
Baik
|
|
3
|
Ruang Administrasi
|
Ada
|
Baik
|
|
4
|
Gudang
|
Ada
|
Baik
|
|
5
|
Ruang Finishing
|
Ada
|
Baik
|
|
6
|
Ruang Setting
|
Ada
|
Baik
|
Teknologi yang digunakan antara
lain :
a.
Perangkat keras yang digunakan :
·
Perangkat computer (prolink).
·
Printer laser dan warna dari canon.
·
Develop ineo+ 454e
·
Scanner
·
Mesin foto copy (canon 5000i) dan mesin
foto copy warna c2020.
·
Hub terminal internet dari speedy.
·
Graptec cutting plotter ce5000-60.
·
Polaris digital printing.
b.
Perangkat lunak yang digunakan :
·
Corel draw
·
Photoshop
·
Casemate pro 6.52
c.
Mencetak :
1. Undangan
2. Nota
3. Surat
jalan
4. Kartu
Nama
5. Brosur
6. Kalender
7. Stiker
8. Banner
9. Stempel
· Menjual
:
1. Macam
Kertas
2. Bahan
Undangan
3. Blanko
Undangan
4. Plastik
Undangan
5. Label
Undangan
6. Bahan/
Gagang stempel :
· Otomatis
· Runafle
· Fulmax
7. ATK
8. Alat-alat
sablon
9. Kebutuhan
Cetak :
· Tinta
Offset
· Etching
· Plat/Master
Kering
· Klise
Matris Poli/Embos
2.4 Struktur Organisasi Perusahaan

Gambar 2.3 Struktur
Organisasi
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 SEJARAH CORELDRAW
CorelDRAW adalah
software pembuat grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel
Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X6
atau versi 16 (saat artikel ini dibuat) yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret
2012. CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Corel Corporation
mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk
mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan
sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun
1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows.
CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan
Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1
merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat
menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga
seperti Adobe Type Manager.
3.1.1
PENDIRI CORELDRAW
Dalam perkembangan teknologi yang sangat
pesat ini, seni bisa dituangkan dalam bentuk yang bermacam-macam, terutama yang
berkaitan dengan grafis. CorelDRAW tentunya sudah tidak asing ditelinga kita
saat ini, CorelDRAW adalah software aplikasi pengolah gambar vektor bisa
dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vektor, software ini merupakan
salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak
komputer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. CorelDRAW sangat
laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus,
mungkin corel sudah sangat familiar bagi para desainer saat ini. Namun, apakah
mereka atau bahkan Anda tahu siapa penemu dari aplikasi tersebut?
Dialah Michael Cowpland yang lahir pada
tanggal 23 tahun 1943. Menerima gelar teknik B.Sc dari Imperial College di
London. Kemudian pada tahun 1964 pindah ke Kanada dan menyelesaikan pendidikan
masternya pada tahun 1968. Ia mendapat gelar Ph.D. dari Universitas Carleton
Ottawa pada tahun 1973. Dia adalah salah satu Entrepreneur dari Kanada,
businessman, dan pendiri dari Corel.
Dialah cikal bakal yang melakukan Research
Laboratory. Perusahaan ini melesat sangat cepat begitu produk CorelDraw muncul
di pasaran, dan menjadi perusahaan software terbesar di Kanada.Jadi, secara
terminologi (bahasa) CoReL merupakan akronim dari Cowpland Research Laboratory.
Beberapa tools yang ditawarkan oleh corel
draw yang berbasis vector adalah : Note-edit tool,stroke before fill,mesh fill
dan sebagainya. Corel draw juga memiliki perbedaan mencolok dibandingkan dengan
saingannya, yang pertama adalah bahwa corel draw adalah satu paket software
grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vector. Peralatan – peralatan
yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangan warna
bahkan mengubah dari mode RGB(RED, GREEN ,BLUE) menjadi CMYK ( CYAN
,MAGENTA,YELLOW).

Gambar 3.1.1 corel draw versi x7
Hadir dengan banyak
sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg
dapat disesuaikan secara penuh. Workspace lebih interaktif, fill &
transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan. kemudahan untuk memilih
font dengan tampilan yang lebih nyaman. terdapat special effect pada photo
editing, layout dan drwing tool yang lebih presisi, dukungan terhadap resolusi
tinggi dan multi display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan
serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.
3.1.2 Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
Gambar 3.1.2 pick tool
Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek atau memilih objek
Freehand Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek secara bebas
Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek atau memilih objek
Freehand Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek secara bebas
Gambar
3.1.2 shape tool
Shape tool = berfungsi untuk mengedit objek berbentuk kurva
Smudge Brush tool = berfungsi untuk merubah objek vektor
Roughen Brush tool = berfungsi untuk merubah garis luar objek vektor
Free Transform tool = berfungsi untuk merubah objek dengan menggunakan Free Rotation, Angle Rotation, Scale dan Skew Tool, Smear tool.

Shape tool = berfungsi untuk mengedit objek berbentuk kurva
Smudge Brush tool = berfungsi untuk merubah objek vektor
Roughen Brush tool = berfungsi untuk merubah garis luar objek vektor
Free Transform tool = berfungsi untuk merubah objek dengan menggunakan Free Rotation, Angle Rotation, Scale dan Skew Tool, Smear tool.

Gambar 3.1.2 crop tool
Crop tool = berfungsi untuk memotong atau menghapus objek
Knife tool = berfungsi untuk memotong objek
Eraser tool = berfungsi untuk menghapus objek
Virtual Segment = berfungsi untuk menghapus bagian dari objek diantara persimpangan

Crop tool = berfungsi untuk memotong atau menghapus objek
Knife tool = berfungsi untuk memotong objek
Eraser tool = berfungsi untuk menghapus objek
Virtual Segment = berfungsi untuk menghapus bagian dari objek diantara persimpangan

Gambar 3.1.2 zoom tool
Zoom tool = berfungsi untuk memperbesar tampilan
Pan tool = berfungsi untuk menggeser tampilan layar

Zoom tool = berfungsi untuk memperbesar tampilan
Pan tool = berfungsi untuk menggeser tampilan layar

Gambar
3.1.2 freehand tool
Freehand tool = berfungsi untuk membuat garis secara bebas
2-Point Line tool = berfungi untuk membuat garis tunggal tanpa kurva
Bezier tool = berfungsi untuk membuat kurva
Artistic media tool = untuk menyediakan akses pada Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure tool
Pen tool = berfungsi untuk membuat gambar kurva
Polyline tool = berfungsi untuk membuat garis dan kurva
3 Point Curve tool = berfungsi untuk membuat kurva dengan menentukan titik awal.
Freehand tool = berfungsi untuk membuat garis secara bebas
2-Point Line tool = berfungi untuk membuat garis tunggal tanpa kurva
Bezier tool = berfungsi untuk membuat kurva
Artistic media tool = untuk menyediakan akses pada Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure tool
Pen tool = berfungsi untuk membuat gambar kurva
Polyline tool = berfungsi untuk membuat garis dan kurva
3 Point Curve tool = berfungsi untuk membuat kurva dengan menentukan titik awal.
Gambar
3.1.2 smart fill tool
Smart Fill tool = berfungsi untuk mewarnai objek
Smart Drawing tool = berfungsi untuk merubah coretan tangan menjadi garis lebih halus.
Smart Fill tool = berfungsi untuk mewarnai objek
Smart Drawing tool = berfungsi untuk merubah coretan tangan menjadi garis lebih halus.
Gambar
3.1.2 rectangle tool
Rectangle tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk kotak
3 point Rectangle tool = berfungsi untuk membuat kotak pada sudut tertentu
Rectangle tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk kotak
3 point Rectangle tool = berfungsi untuk membuat kotak pada sudut tertentu
Gambar
3.1.2 ellipse tool
Ellipse tool = berfungsi untuk membuat lingkaran
3 point Ellipse tool = berfungsi untuk membuat lingkaran pada sudut tertentu
Ellipse tool = berfungsi untuk membuat lingkaran
3 point Ellipse tool = berfungsi untuk membuat lingkaran pada sudut tertentu
Gambar
3.1.2 polygon tool
Polygon tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk polygon
Star tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk bintang
Complex Star tool = berfungsi untuk membuat gambar bintang banyak sisi
Graph Paper tool = berfungsi untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis yang sama
Spiral tool = berfungsi untuk menggambar spiral
Polygon tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk polygon
Star tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk bintang
Complex Star tool = berfungsi untuk membuat gambar bintang banyak sisi
Graph Paper tool = berfungsi untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis yang sama
Spiral tool = berfungsi untuk menggambar spiral
Gambar
3.1.2 basic shape tool
Basic Shape tool = berfungsi untuk memilih bermacam-macam bentuk
Arrow Shape tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk panah
Flowchart Shapes tool= berfungsi untuk menggambar symbol flowchart
Banner Shapes tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk pita
Callout Shapes tool = berfungsi untuk membuat callout

Basic Shape tool = berfungsi untuk memilih bermacam-macam bentuk
Arrow Shape tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk panah
Flowchart Shapes tool= berfungsi untuk menggambar symbol flowchart
Banner Shapes tool = berfungsi untuk membuat gambar berbentuk pita
Callout Shapes tool = berfungsi untuk membuat callout

Gambar
3.1.2 table tool
Table tool = berfungsi untuk membuat tabel
Parallel Dimension = berfungsi untuk membuat garis dengan ukuran dimensi miring
Horizontal or Vertical Dimension = berfungsi untuk membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal
Angular Dimension = berfungsi untuk membuat garis ukuran segitiga
Segment Dimension = berfungsi untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
3-Point Callout = berfungsi untuk membuat garis petunjuk/keterangan
Table tool = berfungsi untuk membuat tabel
Parallel Dimension = berfungsi untuk membuat garis dengan ukuran dimensi miring
Horizontal or Vertical Dimension = berfungsi untuk membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal
Angular Dimension = berfungsi untuk membuat garis ukuran segitiga
Segment Dimension = berfungsi untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
3-Point Callout = berfungsi untuk membuat garis petunjuk/keterangan
Gambar
3.1.2 straight-line connector tool
Straight-Line Connector = berfungsi untuk membuat konektor line / lurus
Right-Angle Connector = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajam
Right-Angle Round Connector = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpul
Edit Anchor = berfungsi untuk mengedit garis konektor
Straight-Line Connector = berfungsi untuk membuat konektor line / lurus
Right-Angle Connector = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajam
Right-Angle Round Connector = berfungsi untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpul
Edit Anchor = berfungsi untuk mengedit garis konektor
Gambar
3.1.2 blend tool
Interactive Blend tool = berfungsi untuk mencampur dua objek
Interactive Contour tool = berfungsi untuk membuat bentuk garis luar pada objek
Interactive Distortion tool = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada objek
Interactive Drop Shadow tool = berfungsi untuk memberi bayangan sehingga objek terlihat timbul
Interactive Envelope = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada objek dengan cara mendrag node
Interactive Extrude = berfungsi untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada objek
Interactive Transparency tool = berfungsi untuk membuat objek menjadi transparan

Interactive Blend tool = berfungsi untuk mencampur dua objek
Interactive Contour tool = berfungsi untuk membuat bentuk garis luar pada objek
Interactive Distortion tool = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada objek
Interactive Drop Shadow tool = berfungsi untuk memberi bayangan sehingga objek terlihat timbul
Interactive Envelope = berfungsi untuk melakukan penyimpangan pada objek dengan cara mendrag node
Interactive Extrude = berfungsi untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada objek
Interactive Transparency tool = berfungsi untuk membuat objek menjadi transparan

Gambar 3.1.2 color eyedropper tool
Color Eyedropper tool = berfungsi untuk memilih warna
Attributes Eyedropper tool = berfungsi untuk memilih dan menyalin properti pada objek
Color Eyedropper tool = berfungsi untuk memilih warna
Attributes Eyedropper tool = berfungsi untuk memilih dan menyalin properti pada objek
Gambar 3.1.2 interactive fill tool
Interactive Fill tool = berfungsi untuk memberi warna dengan gradasi fill
Interactive Mesh tool = berfungsi untuk memberi warna gradasi fill dengan garis
Interactive Fill tool = berfungsi untuk memberi warna dengan gradasi fill
Interactive Mesh tool = berfungsi untuk memberi warna gradasi fill dengan garis
Gambar
3.1.2 outline tool
Outline tool = berfungsi untuk memberi garis dengan berbagai macam ketebalan garis
Outline tool = berfungsi untuk memberi garis dengan berbagai macam ketebalan garis
Gambar
3.1.2 fill tool
Fill tool = berfungsi untuk memberi warna seperti warna gradasi, pattern, bubble dan lain-lain
Fill tool = berfungsi untuk memberi warna seperti warna gradasi, pattern, bubble dan lain-lain
3.2 Persiapan Awal Dalam Pembuatan Banner
·
Komputer/Laptop
·
Software pendukung (coreldraw)
·
Mesin
Polaris ( Mesin Digital Printing Outdoor )
·
Flecy
cina/flecy korea/cousion ( bahan banner )
·
Lem
Cyanoacrylate
·
Alat
untuk melubangi
·
Ring
·
Gunting/cutter
3.3 Desain Banner menggunakan corel draw x7
1. Atur ukuran sesuai kebutuhan ( custom ).
2. Ubah units (satuan) dari
millimeters menjadi centimeters.
3. Membuat kotak dengan cara mengklik Rectangle Tool (F6)

4.
Import gambar untuk background hingga mengeluarkan tampilan seperti dibawah.
Lalu klik

5.
Setelah itu, sesuaikan ukuran gambar dengan ukuran kotak. Lalu, masukan gambar
kedalam kotak tersebut dengan cara klik kanan lalu pilih Power clip inside.


6.
Kemudian masukan teks sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen dengan cara
mengklik Text tool (F8) .

7.
Pilih font yang cocok, sesuaikan warna dengan background dan atur ukuran text ,
lalu tempatkan agar terlihat menarik.
8.
Setelah banner terlihat semenarik mungkin, blok menggunakan Pick tool lalu group all objects dengan
cara ( ctrl + G ).
9.
Lalu klik gambar tersebut dan klik P
agar menyesuaikan dengan ukuran custom (
rata tengah ).

10. Dan hasilnya
akan seperti ini

Gambar 3.2 Banner Rumah Makan
3.4 Cara Mencetak Banner
1. Atur posisi
banner dengan ukuran bahan di coreldraw dan atur jarak lipat 5 cm.
2. Eksport gambar
menjadi format JPG-JPEG Bitmaps
3. Buka software
photoprint
4. Ambil foto
dengan cara Job-Add job dan cari file yang sudah di eksport lalu klik
add.
5. Atur posisi
sesuai bahan yang akan digunakan ( landscape/portrait).
6. Buka software
yang terhubung ke mesin ( PQ8H)
7. Lalu cetak /
print sampai selesai.
3.5 Tahap Akhir Pembuatan Banner (
Finishing )
1. Potong dan lipat bagian yang sudah diatur dalam coreldraw
tadi ( 5cm). 

Gambar 3.5 Pemotongan (cutting)
2. Lem bagian
tersebut , lalu lubangi menggunakan ring.

Gambar 3.5 Proses lem pada banner
3.
Periksa kembali banner yang telah anda buat sesuai dengan desain awal untuk
memastikan tidak ada kesalahan.

Gambar
3.5
Proses melipat banner dengan baik dan benar
4. Dan tahap akhir yaitu pengemasan atau packing.
BAB IV
PENUTUP
4.1
KESIMPULAN
Selama melaksanakan Praktek
Kerja Lapangan (PKL), penulis dapat
menyimpulkan bahwa :
1. Selama
melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) penulis menemukan jati diri selama berada dan berinteraksi
dalam lingkungan masyarakat luas.
2. Setelah melakasanakan praktek kerja lapangan dari tanggal 05 Januari 2018 sampai
dengan selesai dan pembekalan yang diberikan oleh guru produktif yang selama ini tidak diketahui dan
belum dipelajari di sekolah ditemui saat prakerin.
3. Praktek
kerja lapangan ini merupakan kegiatan belajar mengenal bagaimana kondisi nantinya seandainya telah
masuk ke dalam lingkungan kerja sebenarnya.
4. PKL
merupakan suatu modal dasar dalam menghadapi dunia kerja secara nyata.karena hal-hal yang didapat selama
praktik diinstansi belum tentu di dapat disekolah.
5. Usaha
yang dipelopori dengan yang gigih akan membuahkan hasil di kemudian hari.
6. Kejujuran
dan kesabaran adalah modal utama bagi seorang pengusaha sukses.
7. Kedisiplinan,kerajinan
dan tanggung jawab merupakan sikap yang sangat penting
dalam menjalankan sebuah perusahaan.
8. Pengorganisasian
yang tepat , teratur dan terencana membuat perusahaan akan berjalan dengan baik.
9.
Dengan menciptakan rasa kekeluargaan sesama
pembimbing maupun peserta prakerin akan tercipta hubungan yang harmonis.
4.2
SARAN
Berikut adalah beberapa saran penulis untuk
sekolah maupun untuk tiap-tiap jurusan ,yaitu :
1. Dengan
harapan pendidikan sistem ganda di tempat ini dapat berkelanjutan bagi adik-adik kami.
2. Demi
kelancaran pelaksanaan pekerjaan disiplin kerja harus lebih ditingkatkan.
3. Tiap
jurusan harus diaktifkan dalam hal praktek saat jam praktek.
4. Harapan
penulis supaya kedisiplinan sekolah ditegaskann
5. Hubungan
antara pembimbing dan peserta prakerin yang sudah terjalin semoga akan selalu terbuka dengan baik.
6. Hubungan
kerja serta bimbingan pada saya semoga dicatat oleh Allah sebagai Amal Ibadah “Amin”.
7. Kami
harap agar KREATIF memberikan perhatian dan bimbingan khususnya bagi siswa-siswi yang melaksanakan PKL hal
ini agar menambah semangat dan
motivasi siswa-siswi dalam menuntut ilmu.
8. Dan
juga agar guru-guru selalu memberikan
motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi
SMKN 1 SUKALARANG .
DAFTAR
PUSTAKA
L
A
M
P
I
R
A
N
Lampiran I : Bukti
Penerimaan PKL

Gambar kerjasama antara pembimbing lapangan dan pembimbing sekolah
Lampiran
II : Dokumentasi Praktek Kerja Lapangan

Foto I : Finishing banner PDI

Foto 2 : Pengukuran bahan banner
pada mesin polaris

Foto 3 : Mencetak
mushaf pada kertas Artpaper menggunakan mesin develop ineo 454e.

Foto 4 : Saat
sedang diruang setting


Foto 5 : Mengambil undangan sesuai katalog

Foto 7 : Sedang
melayani konsumen

Foto 8 : Tahap
Akhir Pembuatan Banner
Lampiran III : Beberapa mesin
yang disediakan

Foto 1 : Mesin
Pemotong Kertas (cutting)

Foto 2 : Mesin
Heidelbero

Foto 3 : Mesin
Laminasi

Foto 4 : Mesin
Polaris ( Digital Printing Outdoor )

Foto 5 : Mesin
Develop -454e



Komentar
Posting Komentar